Total Pageviews

Friday 1 July 2011

Cara Menambah Berat Badan

Untuk pria, menambah bobot tubuh dapat merupakan masalah yang serius. Satu-satunya cara untuk menambah bobot ini adalah dengan olahraga ketat serta makan lebih banyak. Nah, di sini akan diungkap sepuluh peraturan gizi yang harus anda ikuti sehingga dapat menambah berat tubuh anda tanpa menambah terlalu banyak lemak.
1. Makan yang banyak
Begini cara kerjanya : Jika anda sudah berolahraga namun tidak juga bertambah gemuk, mungkin disebabkan karena anda kurang cukup makan. Bagaimana anda mengharapkan bertambah berat tubuh jika anda tidak mengkonsumsi kalori yang cukup untuk tingkat pembakaran kalori tubuh anda tiap hari ?
Untuk kebanyakan pria, anda harus mengkonsumsi setidaknya 10 kalori perpon berat tubuh anda hanya untuk mempertahankan berat tubuh anda saat ini. Sedangkan untuk menambah berat tubuh anda, anda harus mengkonsumsi setidaknya 500 kalori lebih banyak daripada pemasukan kalori anda biasanya. Semakin banyak anda makan, maka semakin besar pula kemungkinan pertambahan bobot tubuh anda. Anda harus memilih dengan selektif makanan yang hendak anda konsumsi sehingga dapat menambah kualitas bobot tubuh tanpa mengkonsumsi terlalu banyak lemak.
2. Makan lebih sering
Makan lebih sering berhubungan dengan makan lebih banyak karena, secara logis saja, semakin banyak makanan yang anda makan, semakin banyak kalori yang anda dapat. Makan lebih sering juga akan membantu pencernaan anda. Sudah jelas lebih mudah untuk mengunyah makanan ringan berisi 500 kalori masing-masing daripada empat makan besar yang terdiri dari 100 kalori masing-masing.
Selain itu, jika memakan sesuatu dalam porsi besar, beberapa makanan tidaklah diproses dengan benar karena kurangnya hormon-hormon dalam metabolisme anda. Kelebihan makan ini berpotensial menjadi lemak di tengah perjalanannya. Maka camkan lah, dengan makan lebih banyak, anda secara otomatis akan memperoleh beberapa bobot tubuh dari lemak.
Jangan lupa jika anda makan lebih jarang, anda menyebabkan jangka waktu lebih lama dari tiap kali makan, menyebabkan insulin serta konsentrasi nutrisi anda jatuh, berefek menganggu metabolisme tubuh anda.
3. Makanlah dengan proporsi yang tepat
Protein adalah hambatan utama syaraf otot dan gizi penting untuk menambah berat tubuh serta membangun massa otot. Tapi anda juga harus memperoleh jumlah karbohidrat dan lemak yang cukup. Proporsi yang direkomendasikan dari karbohidrat, protein dan lemak adalah kurang lebih 50:35:15. Proporsi ini dapat diterapkan kesemua pola makan tanpa memikirkan pemasukan kalori total.
4. Makanan padat-kalori
Selalu cobalah untuk memakan makanan padat-kalori. Lihatlah hal ini sebagai sesuatu yang lebih efisien. Lebih banyak kalori yang anda dapat dari makanan pergramnya, makin baiklah hal ini, karena anda tidak harus makan lebih sedikit. Ini juga akan membuat anda cepat lapar. Contohnya; cobalah untuk menurunkan konsumsi sayur anda karena kandungan kalorinya yang rendah dan 80% sayuran terdiri dari air. Tapi cobalah makan daging merah, telur dan ikan tuna. Mereka yang ingin gemuk juga sumber yang efektif yang akan membantu anda meningkatkan pemasukan kalori secara keseluruhan.
5. Jangan lupa multivitamin
Makanan padat-kalori biasanya kekurangan gizi mikro seperti vitamin-vitamin, air dan mineral-mineral tertentu. Untuk menghindari kekurangan gizi mikro ini, makanlah multivitamin tiap hari. Vitamin dibutuhkan untuk mempertahankan tingkat optimal dari gizi mikro, dan makanlah diantara jam makan anda untuk mempercepat pencernaannya.
6. Gizi setelah olahraga
Setelah berolahraga, tingkat gizi makro tubuh anda berkurang dan syaraf otot anda membutuhkan penyegaran. Ini sebabkan makanan setelah olahraga merupakan makanan penting tiap hari untuk mereka yang ingin menambah berat tubuh. Selalu cobalah untuk makan dalam satu jam setelah olahraga untuk hasil optimal. Tubuh anda memiliki kapasitas untuk menyerap protein lebih banyak di saat itu daripada waktu lain. Secara umum, anda harus mencoba mengkonsumsi 45-50 gram protein dan lebihkan 1,5 kali jumlah karbohidrat anda setelah tiap kali anda berolahraga.
7. Tidurlah saat perut anda penuh
Makanan terpenting kedua dalam satu hari adalah anda makan sebelum tidur. Rata-rata pria membakar 67 kalori perjam saat tidur. Jadi jika anda biasa tidur 8 jam, cobalah untuk mengkonsumsi setidaknya 536 kalori sebelum pergi tidur. Ada kepercayaan umum bahwa apapun yang anda makan sebelum tidur akan berubah menjadi lemak, tapi ini tidak sepenuhnya benar. Pastinya, jika anda makan Big Mac sebelum tidur, memang akan disimpan sebagai lemak. Lebih baik minum campuran protein berkualitas, karena rendah lemak dan isinya hanya karbohidrat.

8. Cintailah daging
Sederhana kok, jika anda ingin gemuk, anda butuh makan daging. Daging itu kaya protein, sumber kreatin natural yang baik dan memiliki banyak kalori.
9. Minum yang banyak
Air putih, jus, dan susu. Minum adalah kunci untuk menambah massa tubuh, karena 60% tubuh kita terdiri dari air. Anda kehilangan air lewat keringat atau air urin dan ini akan meningkatkan penurunan berat tubuh secara drastis dengan rasa haus. Jadi pastikan anda banyak meminum air. Minum air putih akan membantu anda memperbaiki sistem pencernaan, sementara susu dipenuhi oleh protein berkualitas dan jus akan memberikan gula-gula penting yang dibutuhkan oleh tubuh anda.
10. Tingkatkan konsumsi kalori anda secara bertahap
Secara perlahan tubuh anda akan terbiasa oleh peningkatan konsumsi kalori. Cobalah untuk meningkatkan pemasukan kalori perharinya dengan 125 sampai 250 kalori sampai anda mencapai berat tubuh yang anda idamkan.

0 comments:

Post a Comment